8 Tips Menekan Biaya Penginapan Saat Liburan Biar Gak Boros

C:\Users\kintan\Documents\Don't Waste Your Money.jpg

Tahun lalu, riset Zipjet merilis daftar-daftar kota dengan tingkat stress tertinggi di dunia.

Dan Jakarta terpilih sebagai salah satu kota dengan tingkat stres tertinggi di dunia, dimana Jakarta menempati peringkat ke-19 dari daftar 150 kota yang dirilis Zipjet.

Gimana gak jadi kota dengan tingkat stress tertinggi di dunia, setiap hari kita berhadapan dengan kemacetan dimana banyak angkutan umum ngetem, lalu polusi kendaraan yang dihasilkan kendaraan, terus udara yang kerasa sumpek, plus pekerjaan kantor yang bikin capek dan pusing sendiri ngeliatnya.

Banyak cara buat ngilangin stres misalnya dengan olahraga atau hangout bareng temen ke mall, tapi cara yang paling oke buat ngilangin stres ya pergi liburan, bukan begitu Aladiners.

Mau liburan kemanapun, paling asik perginya bareng temen segeng, biarpun gak masalah sih pergi sendirian juga. Karena yang penting niatnya dan punya budget.

Tapi kalau liburannya bareng temen segeng, pasti nanti kamu bakal dapet banyak cerita selama liburan buat dikenang.

Sebelum liburan kalian tetep sih bakalan repot-repot dulu, mulai dari ngurusin tiket pulang pergi, budget yang mau dikeluarin, ngepak barang-barang, dan yang paling penting mikirin nanti tidurnya dimana.

Di zaman serba internetan ini, mau ngapain aja gampang. Kita tinggal buka om gugel, terus cari apa yang kita mau, termasuk cari tempat penginapan buat kita tinggal pas liburan.

Banyaknya tempat penginapan bikin persaingan makin sengit. Jadi biarpun udah difasilitasin sama om gugel, kita juga musti pinter-pinter cari tempat nginep yang harganya murah tapi fasilitasnya oke.

Ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk nyari penginapan murah supaya menekan biaya pengeluaran pas liburan. Berikut tips-tips cari penginapan murah yang udah Mister rangkum.

  1. Patungan sama temen

Liburan bareng temen segeng gak cuma lebih asik, tapi juga bikin kamu lebih hemat.

Kamu bisa patungan semua biaya yang mesti kamu keluarin, mulai dari biaya bensin mobil, makan, sampai kamar yang mau ditempatin.

Supaya lebih hemat, kamu bisa pesen 1 kamar yang isinya ditempatin 1-2 orang, tapi kamu tempatin 3-4 orang di dalamnya.

Jadi kan kamu gak perlu ngeluarin uang full buat bayar penginapan karena patungan sama temen. Ditambah lagi kamu juga bakal ngerasa lebih aman karena banyak orang di kamar kamu.

Jadi gak perlu khawatir kalau ninggalin barang di kamar. Soalnya banyak yang jagain Aladiners.

  1. Nginep di hostel atau losmen

Liburan gak harus rame-rame kok, sendirian juga gak masalah. Selain dapet waktu me time, kamu juga gak perlu dibuat ribet sama temen yang rempong, yang kerjaannya ngaret atau ngeluh mulu di jalan.

Lagian kalau kamu liburan cuma sebentar dan sendirian, sewa kamar hotel pastinya sayang banget karena harga per malamnya lumayan mahal. Nah hostel atau losmen bisa jadi alternatif pilihan kamu buat nginep.

Hostel atau losmen identik dengan harganya yang murah tapi tetep bikin nyaman. Disana juga kamu bisa kenalan sama orang baru. Siapa tahu kan lagi nginep eh gataunya ketemu jodoh.

Tapi kalau kamu orangnya introvert, sekarang juga udah banyak kok hostel atau losmen yang nyediain kamar privat.

Fasilitas losmen atau hotel sekarang juga udah oke, ada yang nyediain tempat buat barbeque, WiFi gratis, kolam renang, dll.

  1. Pesen dari jauh-jauh hari

Biasanya harga apapun menjelang musim liburan, apalagi H-1, bakal naik berkali-kali lipat. Jadi kalau bisa kamu pergi liburan pas hari biasa aja.

Selain kamu di perjalanan gak bete karena jalanannya gak terlalu macet. Kamu juga lebih leluasa jalan-jalannya karena gak terlalu banyak turis.

Yang paling penting , harga-harga yang dipatok penjual juga gak gila-gilaan, termasuk harga sewa tempat kamu nginep nanti.

Plusnya lagi, kamu bisa lebih explore tempat-tempat yang bakal kamu kunjungi pas liburan karena lumayan sepi.

  1. Cari yang lokasinya bukan di pusat kota

Satu lagi tips buat menekan biaya penginapan yaitu dengan nyari yang lokasinya bukan di tempat ramai alias di pusat kota.

Pusat kota emang akses untuk kemana-mananya gampang, tapi disana juga aktivitas jual belinya tinggi karena banyak tempat atraksi yang menarik orang.

Jadi harga-harga di pusat kota biasanya lebih mahal, termasuk harga sewa penginapannya.

Kamu gak pengen kan liburan tapi budget-nya habis cuma buat bayar sewa kamar aja? Bukannya seneng disana yang ada malah pusing.

Biar budget liburan kamu gak habis buat bayar sewa kamar aja, cari tempat penginapan yang lokasinya di pinggiran kota.

Penginapan yang letaknya di pinggiran kota biasanya harganya lebih murah dibanding yang di pusat kota. Terus suasana disana juga lebih lengang.

  1. Jangan nginep cuma sehari

Gak jauh beda kayak marketing fashion yang “beli 2 gratis 1”, marketing tempat penginapan juga mengaplikasikan strategi yang sama.

Kamu bakal dapet harga lebih murah kalau tinggal dalam waktu cukup lama dibanding kamu cuma nginep semalam. Jadi mending kamu sekalian nginep 4 hari 3 malam, atau bahkan seminggu kalau perlu.

  1. Pakai aplikasi Mister Aladin

Di zaman yang udah canggih dan serba instan kayak sekarang, kamu bisa cari penginapan murah, hotel, bahkan tiket pesawat atau kereta pakai jasa situs travel, Mister Aladin misalnya.

Kamu tinggal buka aplikasi Mister Aladin di ponsel atau mampir di situsnya lewat komputer, dan voila…semua info soal penginapan murah plus fasilitasnya yang ada di Mister Aladin bakal muncul di layar kamu.

Ditambah lagi, Mister Aladin juga menyediakan banyak promo untuk pelanggannya yang pastinya bikin pengeluaran kamu lebih hemat.

Dengan pengeluaran yang lebih hemat, kamu bisa deh pakai uang sisa tadi buat beli oleh-oleh atau buat ditabung lagi biar kamu bisa jalan-jalan tahun depan.

  1. Manfaatkan jasa merchant

Bukan cuma Mister Aladin nya yang memberikan promo, merchant yang berpartisipasi sama Mister Aladin juga menyediakan banyak promo yang bisa kamu manfaatkan.

Biasanya mitra-mitra itu memberikan promo yang bisa kamu pakai untuk dapetin diskon potongan harga.

Nah, nanti tinggal pakai deh diskon dari merchant-merchant Mister Aladin tadi buat bayar tempat penginapan. Jadinya kamu gak perlu bayar full.

  1. Pakai reward kartu kredit

Pesen tempat penginapan via online biasanya menyediakan beberapa sistem pembayaran, salah satunya kartu kredit.

Kartu kredit sekarang ini menawarkan banyak reward untuk nasabahnya. Nah, kamu tinggal tukarkan reward tadi supaya dapat potongan harga untuk bayar penginapan.

Nah, itu dia Aladiners tips-tips yang bisa kamu praktekkin buat cari penginapan murah pas lagi liburan. Dengan biaya yang ditekan, kamu kan jadi punya budget lebih buat beli oleh-oleh.